1 February 2019

Pedoman MPLS 2019/2020

Penerimaan murid baru tahun 2019/2020 sebentar akan di selenggarakan yaitu pada tanggal 2 sampai dengan 6 juli juli 2019, adapun penerimaan murid baru untuk SMA/MA akan di selenggarakan secara online guna menghindari kecurangan yang sering kita jumpai pada tahun tahun sebelumnya.


Untuk tahun ini ada sedikit perbedaan dari tahun lalu mengenai sistem PPDB yaitu dengan memperhitungkan zona per kacamatan di seluruh daerah di Indonesia,  Sitem ini di yakini lebih transparan dan akurat.

Setelah pelaksanaan PPdb online tahapan selanjutnya yang di selenggarakan ialah MOS atau (Masa Orientasi Siswa) tapi sekarang kegiatan itu dianggap tidak layak karna adanya kegiatan yang norak yaitu perpeloncoan kepada murid baru maka di gantilah menjadi MPLS yaitu (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).
 
Adapun pedoman MPLS 2019/2020 berdasarkan pedoman dari  Permendikbud nomer  18 tahun 2016 menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan MPLS sesuai dengan silabus pengenalan lingkungan sekolah bagi murid baru.

Isi dari silabus pengenalan linkungan sekolah bagi murid baru tersebut diantaranya ialah :

1.) Mengenali Potensi Diri Siswa Baru.

2.) Membantu Siswa Baru Bradaptasi Dengan Lingkungan Sekolah dan Sekitarnya,  antara lain Terhadap Aspek Keamanan, Fasilitas Umum, dan Sarana Prasarana Sekolah.


3.) Menumbuhkan Motivasi, Semangat dan Cara Belajar Efektif Sebagai Siswa Baru.


4.) Mengembangkan Interaksi Positif Antar Siswa dan Warga Sekolah Lainnya.


5.) Menumbuhkan Prilaku Positif Antara Lain Kejujuran, Kemandirian, Sikap Saling Menghargai, Menghormati Keanekaragaman dan Persatuan, Kedisiplinan, Hidup Bersih dan Mewujudkan Siswa yang Memiliki Nilai Integritas, Etos Kerja dan Semangat Gotong Royong Pada Diri Siswa.

 
Previous Post
Next Post